Megenal Lebih Dalam Tentang Desain Gaya Minimalis

Minimalis Model yang satu ini sering dikaitkan dengan konsep modern. Minimalis adalah gaya interior yang menggabungkan estetika dan keserhanaan.

Arsitek minimalis tidak hanya mempertimbangkan kualitas fisik bangunan, mereka juga melihat secara mendalam ke dalam dimensi spiritual yang tidak terlihat, dengan perhatian lebih terhadap detail, manusia, ruang, alam, dan bahan. Mereka menemukan bahwa sesuatu yang abstrak dan tidak terlihat seperti cahaya alami, langit, bumi, dan udara sebenarnya mempunyai kualitas.

Dalam desain arsitektur rumah gaya minimalis modern, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometris, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis. Pencahayaan yang alami membuat bangunan terlihat sederhana dan bersih. Arsitek minimalis mempunyai motto “listen to figure”, dengan mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum.

Konsep gaya minimalis ditandai dengan kejelasan, tujuan, dan intensi. Pada intinya, konsep minimalis menonjolkan intensi benda-benda yang paling kita hargai, dan mengeliminasi hal-hal yang menghalangi kita. Minimalisme adalah konsep kehidupan yang mengedepankan intensi.

Adakah cara lain? Tentu saja! Anda bisa bertanya atau minta bantuan tenaga ahli, dalam hal ini arsitek, untuk mewujudkan impian Anda dan membuat sketsa rumah sederhana yang Anda inginkan.

Anda bisa memperoleh desain rumah gaya minimalis kecil dengan beberapa keuntungan yang Anda dapatkan:

Pertama, ekonomis. Biaya merancang, membangun, dan merawat rumah sederhana lebih rendah daripada rumah besar.

Kedua, efektif dan efisien. Karena ukurannya kecil, interior setiap ruang akan mendapatkan lebih banyak sinar matahari, Anda juga akan mendapatkan suasana alami, ramah lingkungan, dan hemat tagihan listrik.

Ketiga, fleksibel. Anda bisa mendapatkan denah lantai terbuka dan interior yang saling erat terhubung.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari konsep gaya minimalis:

  • Lebih mudah dirawat.

inspirasi taman rumah minimalis di lahan kecil

Trik untuk menjajar pot di dinding, Anda bisa meletakkan pot berisi tanaman pada papan kayu maupun menggantung pot pada dinding dengan cara zig-zag.

  • Lebih indah dan nyaman.

Ruang tamu minimalis sebagai jantung rumah

Jadikan ruang tamu sebagai jantung rumah Anda. Sediakan karpet, meja, dan cushion yang nyaman agar keluarga bisa bermain dan berkumpul bersama. Pilih meja ruang tamu yang kokoh dan aman yang bisa digunakan anak-anak bermain game board atau menonton TV.

  • Juga terlihat lebih lapang.

(Sumber: dionnedesigns.blogspot.co.id)

Prinsip estetika Jepang lainnya yaitu Ma mengacu pada ruang kosong dan terbuka. Konsep ini menghilangkan semua dinding internal yang tidak perlu dan membuka ruang antara interior dan eksterior. Frank Lloyd Wright terinspirasi oleh pintu geser (sliding door) di Jepang yang memungkinkan elemen eksterior masuk ke interior ruangan

Gaya minimalis juga dinilai lebih nyaman dan mampu merekatkan sebuah hubungan kekeluargaan. Cat rumah minimalis yang terang dapat memberikan rasa damai. Selain itu, perabotan rumah yang tidak terlalu banyak juga dapat membuat pikiran lebih fresh dan tidak sumpek. Rumah dengan desain gaya minimalis juga sangat cocok digunakan baik di desa maupun kota. Hal ini disebabkan karena rumah ini tidak memerlukan lahan yang luas untuk membangunnya.

Selain beberapa keuntungan diatas, rumah dengan gaya minimalis juga dinilai lebih efektif dan efisiien. Hal ini disebabkan karena ukuran rumah yang kecil, sehingga interior setiap ruang akan memperoleh sinar matahari yang cukup. Anda juga akan memperoleh suasana rumah yang terkesan alami, ramah lingkungan, serta hemat energi. Rumah dengan gaya minimalis juga terbukti lebih fleksibel. Dengan desain ini, Anda akan memperoleh denah lantai terbuka dengan interior yang saling berhubungan erat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *