mengenal tentang desain interior industrial

Bangunan industrial sendiri sesuai namanya memang tempat untuk mewadahi segala proses atau pekerjaan industri, dalam hal ini pabrik, gudang, dan semacamnya. Sejarahnya, dari tahun 1700-an pun bangunan ini sudah ada. Sementara di era modern, negara-negara di Eropa di awal tahun 2000-an lebih dulu mengembangkan desain ini. Mereka memanfaatkan bangunan-bangunan seperti bekas pabrik dan gudang. Daripada kosong nggak kepakai, bangunan ditata ulang, dan mulai dari dialihfungsikan jadi kantor, studio kreatif, sampai rumah tinggal.

Kelebihannya & Kekurangan desain interior industrial

Punya rumah ala industrial ini bisa jadi upaya kamu untuk lebih efisien lho! desainnya rata-rata nggak membutuhkan material pelapis serta material-material utamanya mudah untuk didapat di pasaran. Sebagai contoh saja, bidang lantai dari semen yang lebih hemat dibandingkan dengan penggunaan penutup lantai keramik atau tegel. Selain itu, pasti rumahmu nggak akan kelihatan monoton dan nggak perlu banyak hiasan ruang.

industrial interior

Tapi bicara soal kekurangan, kamu perlu memastikan bahwa tukang yang mengerjakan pembangunan rumahmu itu memang ahli dan terampil. Karena kalau nggak, detil-detil rumahmu malah jadi kelihatan jorok karena nggak sesuai dengan yang dirancang di awal. Oh, kalau kamu menggunakan bahan-bahan logam, pastikan permukaannya nggak ada membahayakan dan seluruhnya sudah dilapisi bahan anti-karat.

industrial adalah soal ekspos. Elemen-elemen struktural dari sebuah bangunan yang dipamerkan. Memperlihatkan tampilan yang seolah setengah jadi, belum selesai, namun tampak sangat kohesif dan edgy.

Gaya desain industrial lahir dari kebutuhan untuk mengkonversi sebuah bangunan tua seperti pabrik atau sebuah lumbung tua menjadi hunian atau tempat tinggal yang sangat kondusif dan nyaman. Mendesain bangunan lama seperti itu memperlihatkan kecerdikan teknik dan mekanik yang memadai.

Gagasan desain interior industrial juga memiliki kecenderungan minimalis. Ruangan dengan nuansa yang mampu menciptakan drama dengan tampilan kontras lapisan logam, meja, plus tambahan perabotan rustic atau vintage.

Berikut adalah beberapa dasar-dasar desain interior industrial modern yang perlu Anda kenali:

  1. 1. Pipa, Balok & Langit-langit Terbuka

Ini benar-benar merupakan ciri khas desain industrial. Meninggalkan elemen struktural dan mekanik yang terbuka; yang pada gaya interior lain selalu disembunyikan, menjadi satu langkah paling berani. Soal ekspos elemen struktural ini telah lama menjadi satu hal yang sangat unik dan menarik dalam penataan interior, khususnya pada interior rumah-rumah modern.

Desain rumah gaya industrial

~ via pinterest

  1. 2. Perpaduan kayu dan Logam/Metal

Interaksi tekstur kayu dengan permukaan kasar dan metal atau logam berkilau, sedikit berwarna hitam, warna emas atau tembaga merupakan ciri lain desain interior industrial. Perpaduan logam dan kayu ini akan memberikan dampak yang tidak terduga pada setiap ruang di rumah Anda.

Aksen krom pada kaki meja, plus kayu rustic khas adalah visualisai perabotan industrial yang harus Anda miliki jika menginginkan suasana dan nuansa unik serta atraktif gaya desain interior industrial.

  1. 3. Pilihan Warna Pada Desain Rumah Gaya Industrial

Untuk mendapatkan suasana serta nuansa industrial, pilihan warna hitam gelap bekerja dengan sangat baik. Pilihan warna abu dan atau warna-warna netral yang tegas juga sangat membantu menghadirkan kehangatan dan kekhasan desain rumah gaya industrial. Warna abu biasanya menjadi pilihan favorit menuju tampilan ruang bergaya industrial.

Desain rumah gaya industrial

Vintage industrial. ~ via pinterest

  1. 4. Dinding

Dinding bata ekspos adalah fitur menakjubkan yang dimiliki desain rumah gaya industrial. Kekhasan yang melekat menampakan visualisasi yang sangat atraktif. Dinding bata ekspos ini bahkan banyak diadaptasi ke dalam gaya desain interior lainnya.

Desain rumah gaya industrial

dinding bata ekspos. ~ via ranica

  1. 5. Lantai

Untuk tetap memperhatikan nuansa industri, desain rumah gaya industrial banyak memilih dan menggunakan lantai beton yang dipoles. Ini adalah pilihan praktis dan ekonomis, cocok sekali dengan tema. Kasar, ketidaksempurnaan dan tambalan membuat sedikit perbedaan.

Desain rumah gaya industrial

~ via pinterest

Efeknya menakjubkan. Mereka yang ingin menambahkan beberapa kontras dan kehangatan ke dalam desain interior industri lebih memilih lantai kayu atau batu. Kedua pilihan lantai ini juga mampu bekerja dengan sangat baik

  1. 6. Pencahayaan Pada Desain Rumah Gaya Industrial

Ini adalah aspek yang menantang, namun ada banyak pilihan pencahayaan yang tersedia saat ini. Insatalasi lampu atau pencahayaan digunakan secara bebas di seluruh ruang desain rumah gaya industri. Lampu track menjadi pilihan terbaik untuk penerangan sekitar.

Desain rumah gaya industrial

~ pinterest

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *